Friday 22 May 2009

waisak yang diadakan di Arek kanopan,Arek nabara dan ledong

Waisak yang diadakan di Arek kanopan dan Arek nabara merupakan kunjungan bersama Bante Suhadayo dan bante candasilo ke vihara dengan tujuan berupa waisak bersama-sama dan posisi lili dan mengelilingi kawasan sekolah sultan,Kami pun sampai dengan mengendari mobil dari bante suhadayo ke Arek kanopan itu dan istirahat dan mandi membersikan bandan,kemudian menjelang sore hari pada pukul 6.30 kami pun siap-siap untuk mengikuti acara demi acara yang dilaksanakan oleh panitia itu,kendati pun diguyur hujan rintik-rintik itu, kami bersama-sama panitia mulai mengikuti acara posisi lilin yang mengelilingi daerah dan kawasan sekolah selama mengelilingi kawasan yang ditentukan banyak yang di ikuti oleh pimpinan dari anggota ke polisian dan panitia yang membawak bendera buddhis dan bendera merah putih dengan bersama iringan lagu Buddhis di dalam mobil,kami pun para bhikkhu sangha berjejer dan posisi berjalan dengan membawak lilin ditangan dan diikuti oleh umat yang hadir bersama-sama dalam kegitan memperingati hari trisuci waisak yang jatuh pada tahun 2553 B.E/2009 itu.

Setelah selama berkeliling di kawasan yang disediakan oleh panitia itu,maka kami pun kembali ke vihara berkumpul disala dan mengikuti acara selajutnya dengan panjatan paritta suci oleh panditta dan pemohonan sila,membaca paritta suci,cerama dhrmadesanna,pemberkatan air suci oleh bhikkhu sangha dan penutupan.kemudian selesai di Arek kanopan kami pun menginap satu malam divihara dan di pagi hari kami pun berangkat menuju Arek nabara untuk selanjutnya melaksanakan waisak di vihara dan disaat kami sampai di perjalanan arek nabara pukul 6.30 sore hari kami pun istirahat dan mandi,selanjutnya mulai dengan siap-siap untuk melaksanakan acara waisak itu dengan posisi lili yang mengelilingi vihara dan kembali kevihara di dalam sala dan umat pun berkumpul di sala,selanjutnya acara dilajutkan dengan baca paritta suci,pemohonan sila,cerama dhramadesanna dan pemberkatan air suci.

Selanjutnya setelah selesai di Arek nabara kami pun menginap satu malam di vihara,kemudian dipagi setelah sarapan pagi hari kami pun siap-siap melanjutkan perjalanan ke Tanjung balai dan singgah ke rantau perapat untuk menjumpai Bante jinnadhrammo Maha Thera yang di undang oleh umat rantu perapat untuk mengikuti acara pembukaanBajar di sekolah itu,selajutnya kami pun malajutkan perjalanan menuju ke Tanjung balai dengan mobil,sesampai di Tanjung bali kami pun istirahat beberapa jam untuk menunggu kapal laut cepat (speed bot).

Kemudian kami pun berangkat dengan kapat speet itu dalam perjalan selama dua jam di pesisir laut Tanjung balai dan menuju ke ledong,awalanya kami mau jalan darat dengan mobil tetapi keadaan informasi yang ada mengatkan bahwa jalan menuju ledong jalan rusak dan itu pun bisa dijangkau oleh sepeda motor,terakhir kami memilih pakai jalan laut dan membeli tiket kapal laut cepat (speed bot).sesampai di ledong kami langsung kesekolah d.t Panjaitan dan istirahat sejenak dan waktu pukul 6.30 kami siap-siap untuk acara waisak di sekolah yang pada waktu itu kami sampai mereka sudah siap-siap dengan duduk di ruangan bersama-sama dari murid kelasa T.k.,SD,SMP,SMA sudah tersusun dengan rapi dan menuggu para bhikkhu hadir untuk mengisi acara hari waisak itu.